Ketua Bidang Kelautan dan Perikanan DPP KNPI Bangun Sinergi Bersama Dirjen PSDKP KKP RI

  • Whatsapp

Batam, Wcntimes.com – DPP KNPI melalui ketua bidang kelautan dan perikanan menggelar silaturahmi bersama Direktorat Jenderal (Dirjen) Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) KKP Laksamana Muda TNI Adin Nurawaluddin, di Pangkalan PSDKP Batam, Pulau Setokok, Bulang, Kota Batam, Kepulauan Riau, Rabu (27/7/2022).

Turut hadir dalan silaturahmi ini direktur pemantauan operasi armada Ipung,
direktur pengawasan sumberdaya kelautan Halid Yusuf, kepala pangkalan PSDKP Batam Turman Hardianto Maha, dan ketua DPD KNPI Kepri Endang Dwi Socowati beserta sejumlah fungsionaris.

Bacaan Lainnya

Endang Dwi Socowati mengatakan, KNPI Kepri siap berkolaborasi dengan PSDKP Batam dalam banyak aspek.

“Kepri ini daratannya hanya 4% saja, tapi focusing pemuda terhadap kelautan masih sangat rendah. KNPI Kepri sepeninggalan saya nantinya, harus melahirkan legacy berupa pemuda yang lebih konsen dengan potensi kelautan dan perikanan di kemudian hari,” ujar dia.

Sementara itu, Neko Wesha Pawelloy, ketua bidang kelautan dan perikanan DPP KNPI dalam sambutannya mengatakan, silaturahmi ini bermaksud untuk membangun sinergitas dan juga untuk memberikan dukungan bagi rekan-rekan PSDKP di KKP.

“Hari ini, di perairan Kepri yang terkenal sebagai segitiga emas ini, KKP dalam hal ini PSDKP telah memberikan kerja nyata dalam menyelesaikan berbagai persoalan terkait pengawasan sumberdaya kelautan dan perikanan di Kepri,” kata pria yang juga menjabat sebagai wakil bupati Kabupaten Lingga ini.

Neko melanjutkan, pasca dilantik sebagai ketua DPP KNPI bidang kelautan dan perikanan pada Sabtu (23/7) lalu, sudah ada beberapa hal yang telah ia konsepkan untuk kemaslahatan masyarakat di provinsi kepulauan ini.

“Semoga sinergitas antar KNPI baik dalam hal ini DPP melalui ketua bidang kelautan dan perikanan maupun KNPI Kepri dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan PSDKP KKP, agar memberikan manfaat lebih bagi masyarakat Kepri,” jelas dia.

Di tempat yang sama, Dirjen PSDKP KKP Laksamana Muda TNI Adin Nurawaluddin, mengaku surprise dengan penyambutan oleh KNPI di Bandara Hang Nadim, Kota Batam, Selasa (26/7) malam.

Dia menjelaskan, dalam konteks pengawasan, PSDKP secara spesifik ada kelompok pengawasan masyarakat.

“Keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan kelautan dan perikanan ini sangat penting. Bicara KNPI yang bagian dari masyarakat, bisa terlibat disini. Bisa sama-sama mendukung KKP,” Laksamana Muda TNI Adin Nurawaluddin.

Dia pun memberikan saran dan pesan kepada KNPI, agar dapat berperan dalam hal barang bukti berupa kapal tangkapan.

“Saya berharap KNPI mendorong kepada pihak terkait, agar barang bukti dalam hal ini kapal-kapal tangkapan yang sudah incracht agar dapat digunakan oleh-nelayan kita. Hal ini dimaksudkan agar meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutup dia.

(*)

Pos terkait